Ngga sedikit millenial sekarang coffee addict yang bisa sakit kepala kalau ngga minum kopi seharian, alhasil kamu sering nongkrong dan nyobain kopi sana sini. Kalau kamu begitu? apakah kamu juga merasa kesulitan menyisihkan uangmu untuk tabungan masa depan? padahal gaji lumayan dan belum ada tanggungan.

Penelitian SurveyMonkey yang dirilis sebuah perusahaan aplikasi investasi “Acorns” mempublikasikan hasil bahwa setengah dari generasi millennial menghabiskan lebih banyak uangnya untuk minum kopi daripada menabung untuk hari tua. Kalo dipikir-pikir emangnya minum kopi semahal itu ya?

Masalah Kronis Generasi Millennial Adalah Hilangnya Budaya Menabung. Kopi Salah Satu Faktornya.

Bagi anak millennial, kopi dan minuman kekinian berkembang menjadi sesuatu yang sangat penting dan wajib dicoba. Kalau dilihat-lihat kafe semakin rame berisikan anak muda yang membeli secangkir kopi. Meski secara ilmiah kopi memang telah terbukti bisa jadi stimulan dan baik untuk kesehatan, tapi berkembangnya budaya ngopi yang kelewat konsumtif harus diwaspadai.
Ternyata bagi generasi millennial, kebutuhan ngopi jauh lebih besar daripada tabungan masa depan. Dalam survei ini, 44% perempuan berusia 18-35 tahun, menghabiskan uang lebih besar untuk membeli kopi pagi daripada tabungan selama setahun. Sementara untuk laki-laki yang berusia sama, jumlahnya lebih rendah 10%.
Banyak Kaum millennial yang tidak bisa pensiun cepat karena tabungan belum cukup. Dari pensiun ideal 65 tahun, realistisnya usia 70-72 lebih, baru menikmati hari tua.

Dilansir dari Vice, survei menunjukkan bahwa 41% dari millennial yang berusia 24 – 35 tahun, berspekulasi bahwa mereka belum bisa menikmati kenyamanan finansial untuk pensiun sebelum usia 65 tahun. Menurut Jacob Funk Kirkegaard dari Peterson Institute untuk Ekonomi Internasional, karena gaya hidup yang demikian, rencana pensiun yang paling realistis untuk generasi millennial adalah 70-72 tahun.

Makin kesini kopi berubah fungsi, bukan lagi untuk teman mengantuk, nongkrong atau begadang tapi juga untuk eksistensi dunia digital berupa foto-foto instagram yang mempercantik feeds sosmed

Munculnya berbagai media sosial, kopi jadi selebritis di untuk sosmedmu. Kopi apa yang kamu minum hari ini? americano? espresso? cappuchino? moccachino? hazelnut? Apapun kopimu, jangan lupa difoto sebelum diminum dan unggah ke akun Instagram. Jangan lupa juga menambahkan sedikit caption yang elegan semacam “Life without coffee is scary”. Lalu kamu resmi menjadi anak gaul masa kini.

Dulu secangkir kopi cuma 3-5 ribu, kalo sekarang paling ngga bawa duit 50ribu buat secangkir yang medium. Entah demi rasa atau gengsi ya?

Di zaman kita ini, ngga keren kalau belum posting di IG foto secangkir kopi di kafe-kafe kopi yan cozzy abis, dibarengi foto suasana sudut kafe yang ciamik buat difoto, enak buat nongkrong meski secangkir kopi harganya tinggi. Padahal kalau kamu nongrong lebih dari 2 jam, otomatis kamu akan pesan minuman lebih dari 1 gelas.

Hmmm… kalo dikalkulasi lumayan loh. Boleh saja nongki sambil ngopi-ngopi, asal jangan tiaphari, mending sebagian kamu investasikan.