Setiap orang punya karakter berbeda-beda, termasuk dalam hal mengatur barang-barangnya, termasuk menata dompet dan seisinya ya… Kira-kira kamu yang mana nih?

  1. Isi dompet teratur dengan susunan uang juga teratur, rapi, menandakan kamu orang yang teliti, terstruktur, rapi, dan hafal semua hutang piutangnya.

Kalau seperti ini, kamu terbiasa menata dan meletakkan uang dan seisiannya secara teratur, dengan harapan kamu gamau ribet dan harus bongkar-bongkar uang acak-acakan. Kamu terbiasa meletakkan pada tempat sesuai fungsinya, baik uang kertas maupun koin, hingga detil diatur menurut nominalnya, mulai dari nominal uang paling besar hingga yang paling kecil. Jika kamu seperti ini, kamu tergolong orang yang sangat teliti dan terampil dalam mengelola uang, termasuk mencatat segala pengeluaran dengan cukup baik. Nah, karena keahliannya ini, kamu juga nggak bakal lupa siapa saja yang ngutang, dan kamu punya piutang apa.

  1. Beberapa uang kertas dilipat, diselipkan di dompet mengartikan pemiliknya penuh persiapan dan perencanaan

Beberapa orang ada yang suka melipat kertas, lalu menyelipkannya di bagian dompet yang tak terlihat, bisa jadi mereka punya tujuan tertentu melakukan itu. Dan biasanya dia melakukan ini untuk nominal uang besar, Rp 100.000 misalnya. Orang seperti ini punya pemikiran kalau sewaktu-waktu kehabisan uang dan jauh dari ATM, bisa dipakai. Atau memang sudah menyisihkan uang tersebut untuk membeli barang tertentu. Nah, orang seperti ini sudah mempersiapkan hal-hal yang tidak terduga, dan sudah merencanakan uang itu mau diapakan nantinya.

  1. Isi dompet capur berantakan menandakan orang yang ceroboh dan nggak pintar mengatur keuangan

Malas menata uang di dompet, alias sembarang dan asal masuk saja, dari uang kertas dengan nominal besar hingga kecil, koin, bon belanjaan, struk atm, semuanya berantakan tanpa susunan yang jelas, orang ini akan kebingungan untuk memilah-milah yang justru akan memakan waktu. Mereka seringkali melakukan pengeluaran yang nggak stabil. Bisa jadi bahkan mereka nggak benar-benar tahu jumlah keluar masuk uang yang dimiliki.

  1. Lebih suka menyimpan uang di saku ketimbang di dompet, cenderung santai dan nggak suka memikirkan hal yang sepele

Jika kamu lebih suka menyimpan uang di saku ketimbang menatanya di dompet, berarti kamu merasa memiliki hal yang lebih penting untuk dipikirkan dibanding menghitung jumlah uang. Kamu memiliki jiwa yang bebas dan suka melakukan segala hal tanpa diatur orang lain. Orang seperti ini berpikiran bahwa uang mudah dicari, ketika mereka membutuhkan lebih banyak maka mereka akan bekerja lebih keras. Orang seperti ini adalah tipikal yang dibawa santai aja deh pokoknya

  1. Boro-boro mengatur uang, Kalau dompet isinya bon doang, artinya antara nggak bisa move on atau cuma gaya-gayaan aja

Miris memang, tapi bukan berarti mereka miskin dan nggak punya uang kalau keadaan seperti ini. Bisa jadi mereka adalah orang-orang yang nggak bisa move on karena masih menyimpan bon-bon lama, sama halnya dengan orang yang belum bisa melupakan kenangannya. Atau, orang-orang ini cuma ingin gaya-gayaan saja. Alih-alih pamerin dompetnya yang terlihat tebal, padahal isinya cuma nota-nota londrian dan belanja bulanan.