Habis Gajian Langsung Habis

Bahkan beberapa tanda malah minus Antara penghasilan dan pengeluaran, atau sama sekali tidak ada sisa gaji untuk ditabung. Gaji tergerus untuk melunasi tagihan yang ada entah cicilan motor, hp, kartu redit, rumah, mobil, dll. Kamu perlu mengatur kembali keuanganmu dan mencari penghasilan tambahan, atau mengerem keinginan agar dapat ditabung untuk dana darurat dan dana masa depan

Tagihan Lebih dari 40% dari Gajimu

Tagihan hutang yang sudah melampaui angka 40% bahkan lebih dari  dari total pendapatan pertanda tagihanmu sudah menumpuk. Coba kamu catat tagihan apa saja yang mesti kamu bayar dalam 1 bulan, jika jumlahnya mendekati 40% dari gaji atau lebih itu berarti tagihanmu sudah tidak kecil lagi.

 Bingung dan Malas Bayar Tagihan

Makin lama kamu akan makin merasa enggan buat bayar tagihan yang ngga selesai-selesai. Atau kamu bingung harus bayar tagihan yang mana dulu, karena kamu juga butuh dana untuk operasional, dana darurat dan lainnya. Ini berarti hutangmu cukup banyak.

Hanya Mampu Bayar Cicilan Paling Kecil, Lainnya Tunda Dulu

Kamu merasa sudah agak berat untuk membayar hutang, dan kamu mampu membayar hutang dengan angka kecil dulu, lainnya ditunda adalah ciri hutangmu sudah tinggi. Beberapa kali kamu tidak sadar bahwa kamu sudah jatuh tempo dan harus tambah bayar keterlambatan. Kalau seperti ini terus-terusan keuanganmu otomatis tidak akan sehat dan tidak pernah selesai, malah-malah kamu sering banget bayar bunga dendanya.