Orang-orang yang sukses secara finansial, mereka pasti menata keuangan bisnis dan keuangan pribadinya dengan sangat baik. Mereka memberi perhatian ekstra agar tak melakukan 6 kesalahan dalam mengatur keuangannya. Nah kesalahan-kesalahan dibawah ini, yang tidak pernah dilakukan oleh mereka yang sukses secara finansial :

Malas memeriksa kondisi finansial secara berkala

Orang kaya sebenarnya tidak pernah ketinggalan dalam memeriksa situasi keuangannya saat ini, yang secara jelas akan mempengaruhi keuangan di masa depan. Mereka melakukan pengelolaan secara teliti dari laporan keuangan, aset-asetnya, yang berpengaruh untuk pengembangan bisnis.

Menghamburkan Uang Untuk Urusan Yang Tak Perlu

Orang kaya zaman sekarang gak hidup semewah yang kamu bayangkan. Justru sebaliknya, mereka hidup dengan gaya yang sederhana. Misalnya Mark Zuckerberg yang masih mengendarai mobil kota biasa, bukan Lamborghini. Atau Sir Richard Branson yang mendidikasikan dirinya di dunia filantropi. Mereka tak akan menghabiskan uangnya untuk barang atau gaya hidup yang sebenarnya gak mereka butuhkan. Begitulah cara mereka memelihara kekayaan

Tak Segera Atur Ulang Keuangan Setelah Menyelenggarana Acara

Menikah, punya anak, ada proyek besar, syukuran, hingga acara kematian, tak terlepas dari hidupmu dan pengeluaran untuk acara tersebut. Kamu juga harus memeriksa dan mengatur kembali kondisi keuangan. Duduklah sejenak untuk memahami kondisi keuanganmu untuk membuat penyesuaian anggaran kembali.

Sering Membayar Denda dan Biaya Ekstra

Secara tidak sadar, biaya bunga, denda, atau biaya ekstra lainnya justru besar dan menguras uangmu. Orang kaya yang pandai mengatur keuangannya, selalu memperhatikan kemana saja uangnya mengalir. Mereka melindungi kekayaannya dengan menjuahkan diri dari ‘biaya ekstra’ yang sebenarnya bisa dihindari dengan sedikit usaha ekstra. Mereka jarang sekali telat membayar tagihan, dan selalu menghindari bunga tinggi. Mereka selalu membaca surat tagihan dengan cermat, dan memeriksa apakah ada kesalahan dalam tagihan mereka

Terlalu Fokus Berhemat, Tapi Lupa Cari Penghasilan Tambahan

Kekayaanmu tak akan bertambah jika hanya berhemat saja, kebanyakan dari orang kaya justru memutarkan keuangannya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih. Memang berhemat, tapi juga mencari tambahan penghasilan agar perputaran keuangannya juga semakin besar.

Mengorbankan Nilai Dan Kualitas Demi Barang Murahan

Harga murah memang begitu menggoda, melihat harga sepatu seharaga RP 100.000 jauh lebih murah daripada sepatu harga Rp 500.000. Padahal, sepatu berharga Rp 100.000 pasti tak terjamin kualitas dan ketahanannya, ya paling 2 bulan pakai. Orang kaya akan cerdas untuk memilih barang, mempertimbangkan apakah barang murah justru membuatnya mengeluarkan lebih banyak uang dibandingkan jika ia membeli yang mahal sekalian.