Merasa menyerah untuk menabung karena gaji pas-pasan.

Merasa pas-pasan bahkan merasa serba kekurangan membuatmu berat banget untuk menyisihkan penghasilanmu. Padahal sekecil apapun pendapatanmu pasti selalu bisa disimpan meski sedikit jumlahnya, perlahan-lahan dari angka yang sedikit missal 2ribu, 5ribu, 10ribu dan seterusnya. Sebenarnya, bisa engganya adalah komitmenmu dengan niat dan tulus untuk bisa direalisasikan ‘menabung’. Jika tidak dengan tegas dan memberanikan diri menabung, maka penghasilanmu akan terus habis meski gajimu besar.

Ngga pernah mencatat anggaran, jadi kamu gatau berapa total pemasukan dan pengeluaran

Buatlah anggaran keuanganmu agar kamu tahu berapa nominal uang yang kamu habiskan untuk kebutuhan sehari-hari, dan kamu juga bisa tahu biaya apa yang paling besar yang menguras kantongmu. Disini kamu dilatih untuk teliti dan tertata. Dari sini kamu juga bisa memperkirakan kemampuan nominal uang untuk ditabung.

Tidak Pernah Update Saldo

Kamu punya fintech buat payment, punya pulsa, sering menarik uang dari ATM, sering-seringnya kamu lupa untuk mengecek saldo. Ini karena kamu hanya sering menarik uang sedikit demi sedikit, pembayaran lewat aplikasi, lalu jumlah uangnya dilupakan begitu saja. Nah sebaiknya kamu juga teliti, agar tahu berapa pengeluaran yang sudah kamu keluarkan, agar saldomu tidak lewat begitu saja.

Gampang Tergoda Diskon dan Konsumtif

Sifat ini agak sulit dikontrol, sebagian besar sifat seperti ini sudah menjadi kebiasaan atau habbit. Biasanya sifat ini juga mudah tergoda ketika ada ajakan teman buat belanja, apalagi godaan diskon. Kalau seperti ini jangankan menabung, menyisihkan uang Rp 100.000/bulan aja susahnya minta ampun. Saat kamu melihat diskon, meski dalam hati kamu bilang “wah lumayan” tapi kalau kamu lakukan secara terus menerus apalagi diskon memang tidak ada habisnya, disini kamu harus bersikap jeli soal diskon. Beli karena butuh atau beli karena diskon. Mungkin ini bisa membantumu yang galau kalau melihat diskon       :

  • Jika belum berbisnis dan yakin betul, jangan sekali-kali membuat kartu kredit untuk mencegahmu ‘gila belanja’
  • bawalah uang pas (uang sebutuhnya saja) saat ke mallatau ke tempat belanja lainnya, ya lebihin dikit untuk uang jaga-jaga
  • Tidak perlu download aplikasi belanja online hanya karena banyak diskon, gunakan sebutuhnya saja
  • hindari belanja bulanan di mallatau supermarket besar karena selain mahal, di sana juga banyak tawaran diskon menggiurkan

Tujuan menabung bukan buat beli sesuatu gaya-gayaan. Ubah mindset tujuan menabung

Kebanyakan orang menabung untuk beli sesuatu. Misal aku mau nabung rutin biar bisa beli HP Seri x yang harganya 5juta. Padahal menabung seperti itulah yang tidak produktif, alangkah baiknya apabila kamu menabung untuk sesuatu yang bisa kamu jagakan dikeesokan harinya, missal deposito bank, emas, tanah, rumah, dan lainnya. Ubah mindset menabung untuk kebutuhan yang produktif, seperti : investasi, kebutuhan tak terduga, dan persiapan mas depan.